manfaat timun
manfaat timun

5 Manfaat Ketimun untuk Tubuh Yang Sehat

Manfaat Timun – Ketimun atau mentimun mempunyai manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh dan sudah tidak ada keraguan lagi. Selain baik untuk mencegah dehidrasi, buah yang banyak disebut juga sebagai sayuran ini mempunyai beragam manfaat untuk kecantikan kulit, melancarkan pencernaan, dan membantu keberhasilan diet.

Khasiat ketimun untuk tubuh yang sehat didapat dari kandungan zat antioksidan dan berbagai nutrisi yang banyak terkandung di dalamnya. Yaitu seperti protein, karbohidrat, vitamin, dan mineral. Selain daripada itu, mentimun juga rendah kalori, namun memiliki kandungan air dan serat yang sangat tinggi.

Manfaat Ketimun Untuk Tubuh Sehat dan Cantik

Dibawah ini ialah berbagai manfaat ketimun untuk kesehatan yang penting untuk kamu ketahui:

1. Mencegah dehidrasi

Manfaat Timun yang pertama ialah mencegah dehidrasi. Supaya kebutuhan cairan dalam tubuh terpenuhi dan terhindar dari dehidrasi, maka kamu perlu meminum air setidaknya 7−8 gelas dalam satu hari. Akan tetapi, bila kamu merasa bosan dengan rasa air putih, maka kamu dapat memasukkan potongan ketimun atau buah lainnya ke dalam air untuk membuat infused water. Ini akan membuat rasa air minum menjadi beda, lebih segar dan tentunya kaya akan nutrisi.

Terkait:  Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut Lebat dan Indah

2. Membantu mengontrol tekanan darah

Ketimun juga dapat membantu menjaga tekanan darah agar tetap stabil. Mentimun tinggi kandungan elektrolit kalium yang bisa kurangi retensi air yang diinduksi natrium, oleh karena itu dapat menurunkan tekanan darah dalam tubuh.

3. Membantu cerahkan kulit wajah

Ketimun dapat digunakan sebagai masker dan bisa membantu mencerahkan kulit wajah karena kandungan antioksidan, vitamin C, vitamin A, folat, dan antiradang yang berfungsi untuk mengurangi bengkak serta iritasi yang ada pada kulit.

4. Membantu Kesehatan Tulang

Nutrisi yang paling banyak dari mentimun ialah vitamin K. Vitamin ini merupakan faktor penting dalam menjaga kesehatan tulang. Dalam satu cangkir/gelas ketimun beserta kulitnya terdapat 20% dari kandungan target harian yang baik untuk kebutuhan vitamin K bagi tubuh.

Nutrisi ini dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang dan dalam beberapa penelitian telah ditemukan kadar vitamin K yang rendah berhubungan dengan gejala osteoporosis serta peningkatan risiko patah tulang.

5. Mendukung Kesehatan Jantung

Ketimun mempunyai kandungan kalium yaitu sekitar 152mg per cangkir, yang bisa membantu untuk turunkan tekanan darah. Dalam sebuah penelitian mengenai asupan kalium ditemukan jika asupan kalium lebih tinggi dikaitkan dengan tingkat stroke yang lebih rendah dan kemungkinan mengurangi risiko terjadinya penyakit kardiovaskular.

Dalam beberapa penelitian juga ditemukan jika timun mempunyai khasiat seperti antidiabetes, aktivitas antioksidan, aksi pembersihan racun dan limbah, efek menenangkan terhadap iritasi kulit, sampai pencegahan sembelit.

Terkait:  Manfaat Bawang Putih Mentah Untuk Tubuh, Salah Satunya Cegah Kebotakan

Baca Juga:

Manfaat Susu Kedelai Untuk Kecantikan dan Kesehatan

About admin